Eka Prisma Consulting- Konsultan Lingkungan

ISO 14004: Panduan Implementasi Sistem Manajemen Lingkungan

Last updated on 04 November 2023

ISO 14004

ISO 14004:2016 merupakan standar intenasional yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization pada Maret 2016. Standar ini memberikan panduan bagi organisasi dalam pmenetapkan, menerapkan, menjaga, dan meningkatkan sistem manajemen lingkungan yang tangguh, kredibel, dan andal.

Pengertian ISO 14004

ISO 14004 merupakan serangkaian panduan untuk implementasi Sistem Manajemen Lingkungan (Environmental Management System – EMS). Panduan dalam Standar Internasional ini dapat membantu organisasi meningkatkan kinerja lingkungannya serta mengintegrasikan elemen sistem manajemen lingkungan ke dalam proses bisnis intinya.

Kompatibilitas dengan ISO 14001

ISO 14004 dirancang untuk sejalan dengan ISO 14001. Hal ini berarti bahwa standar ini memperkuat dan melengkapi ISO 14001 dengan memberikan panduan yang lebih rinci mengenai cara mencapai persyaratan ISO 14001.

ISO 14004 memberikan panduan mengenai berbagai aspek implementasi ISO 14001, termasuk perencanaan, implementasi, pengukuran kinerja, dan peningkatan berkelanjutan. Selain itu, standar ini berisi rekomendasi tentang bagaimana organisasi dapat memahami, mendokumentasikan, dan mengelola semua tahap siklus hidup produk dan layanan mereka yang memiliki dampak lingkungan.

Standar ini juga memberikan panduan mengenai pelaksanaan audit internal dan eksternal guna mengevaluasi kinerja lingkungan. Audit tersebut membantu organisasi dalam memverifikasi kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur yang mereka miliki, serta mengidentifikasi peluang untuk peningkatan.

Perbedaan antara ISO 14004 dan ISO 14001

ISO 14004

ISO 14004 merupakan standar audit yang memberikan panduan mengenai pengembangan dan implementasi sistem manajemen lingkungan. Sementara itu, ISO 14001 merupakan standar yang menetapan persyaratan sistem manajemen lingkungan yang dapat digunakan organisasi untuk meningkatkan kinerja lingkungannya

Baca juga:

ISO 45001: Sistem Manajemen Kesehatan dan Kesalamatan Kerja

Manfaat Implementasi ISO 14004

Berikut adalah beberapa manfaat dari implementasi standar ISO ini.

  1. Dengan mengikuti panduan standar ini, organisasi dapat mengurangi emisi, limbah, dan konsumsi sumber daya alam, sehingga mengurangi dampak lingkungan yang mereka timbulkan.
  2. Implemtasi standar ini membantu organisasi dalam memperoleh pemahaman dan kepatuhan terhadap peraturan dan hukum lingkungan yang berlaku. Oleh sebab itu, organisasi dapat terhindar dari sanski hukum atau denda akibat pelanggaran lingkungan.
  3. Peningkatan keterlibatan karyawaan.
  4. Organisasi dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi
    operasional, sehingga dapat mengurangi biaya operasional.
  5. Meningkatnya reputasi dan citra organisasi di mata pemangku kepentingan dan masyarakat.
  6. Dengan berfokus pada isu-isu lingkungan, organisasi dapat mendukung keberlanjutan jangka panjang.

Standar ISO ini merupakan alat yang berharga bagi organisasi yang berkeinginan untuk menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan yang efektif. Selain itu, hal ini juga membantu organisasi dalam mencapai keberlanjutan jangka panjang dengan mengurangi dampak lingkungan yang merugikan.

Jaga Lingkungan, Jaga Masa Depan!

PT Eka Prisma Consulting memiliki tenaga ahli profesional, ahli di bidangnya (tersertifikasi) dan berpengalaman lebih dari 10 tahun. Kami melayani konsultasi dan pendampingan izin lingkungan (AMDAL, UKL-UPL, dan SPPL), PROPER, izin IPAL dan TPS Limbah B3. Kami sebagai Konsultan HSE hadir untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat dan aman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top